Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tertarik Menjadi Novelis? Inilah Panduan Lengkap Tips Menulis Novel yang Memikat Banyak Pembaca

Panduan Lengkap Tips  Mudah Menulis Novel Online Terbaru 



Bebebs.com - Punya imaginasi berlebih, kenapa tidak dibuat karya tulis saja. Salah satunya adalah menulis novel baik online maupun offline. 

Era now menulis novel cukup banyak digandrungi banyak kalangan. Bukan hanya pria, begitu juga dengan para mama muda, produktifitas ini whorth it dikerjakan. 


Sudah banyak ikut kelas menulis novel hanya sulit berkembang atau terkena penyakit lama, males dan naskah akhirnya mangkrak.  Okey selamat datang, lebih keren belajar berbagai tips dan trik menulis novel untuk mencari solusinya 

"Apa keuntungan menulis novel?"

Kegiatan menulis novel sangat bermanfaat untuk menempatkan imaginasi berlebih. Bahasa sederhananya, bagi yang suka ngehalu ini whorth it menulis novel. 

Selain itu bagi yang suka traveling atau jalan-jalan. Bisa loh didokumentasikan lewat rangkaian aksara manja. Biar lebih keren, diberikan bumbu-bumbu dan racikan dalam sebuah cerita novel. 

Jika berkarya bisa membuat bahagia, kenapa tidak?

Bukan hanya sekedar hobby , bagi yang serius dijadikan sebuah passion. Seorang novelis juga sudah banyak yang punya penghasilan besar,  baik online, ofline, masuk TV hingga layar lebar.  Yuk langsung saja 

1. Belajar Menulis Novel untuk Pemula 

Berdasarkan pengamatan saya bertahun-tahun, mayoritas para penulis novel  pemula. Penyakitnya males, minder, bingung harus mulai dari mana. 

Ada yang menulis tidak jelas arahnya, tidak punya peta menulis. Akhirnya jalan ditempat. Jangan bersedih, apa lagi sampai bertanya kepada rumput yang bergoyang. 

Menulislah dan lupakan aturan. Kamu bisa langsung mulai menulis aja dulu. Tidak perlu banyak mikir, dimanapun dan kapanpun saat ada ide jadikan budaya menulis. Baru revisi sesuai aturan dan posting... Selengkapnya

2.  Belajar Menulis Mengembangkan Premis Novel 

Sudah menjadi dasar dan pengetahuan umum. Menulis novel bermodalkan ide. Dalam hal ini adalah premis. 

Masalahnya masih banyak para penulis yang bingung bukan mencari alamat palsu. Melainkan bingung mengembangkan premis. 

Mulai dari ide, tentukan premis, kembangkan melalui outline, membuat sugesti judul, lamjaran paragraf pertama dan seterusnya..  Selengkapnya 


3. Tips  Menulis Judul Novel yang Memikat 

Taukah kamu beberapa produser film berani membeli judul tanpa membaca naskah novel. Wao begitu menakutkan, itulah kenapa judul sangat penting. 

Bahkan judul merupakan salah satu senjata utama dalam menulis novel. Bagi yang masih suka asal-asalan menulis judul, buruan tobat yuk belajar lagi. 

Oh iya, jangan menangis guling-guling seperti kuda lumping, langsung saja:  Selengkapnya 

4. Tips Menulis Novel yang Aktraktif dan Menarik 

Baru baca prolog saja tulisan sudah bikin ngantuk? Akhirnya berhenti membaca. Alasannya tulisan atau gaya bahasa blibet, hambar, tidak ada gregetnya sama sekali. 

Coba tanyakan saja dan biarkan hatimu berbicara jujur. Novel seperti apa yang kamu suka baca? Salah satunya, tulisan enak dibaca dan tidak bikin sakit mata. 

Apa iya? Nah itu dia .... Selengkapnya

5. Tips Menulis Opening Novel yang Mempesona 

Jatuh cinta pada pandangan pertama, pernah mendengar pepatah tersebut? Nah begitu juga dengan opening. 

Setelah membaca judul, prolog maka membaca opening pada bab pertama novel. Bagian opening ini bagian penting apakah pembaca tertarik or not. 

6.  Tips dan Trik Mudah Menentukan Tokoh Novel 

Demikian perempuan, ia hanya ingat kekejaman orang pada dirinya walaupun kecil dan ia lupa dengan kekejaman dirinya sendiri pada orang lain padahal begitu besarnya. Lupakah siapa diantara kita yang kejam?


Itu adalah salah satu kalimat Zainudin untuk Hayati dalam novel Tenggelamnya kapal Van der Wicjk. Begitu populer kedua tokoh fiksi yang di tulis oleh Buya Hamka hingga sekarang. Bahkan kaum milinial dan zoomer tidak asing.


Beberapa tokoh fiksi seperti Dilan, Siti Nurbaya, Thanos dan sebagainya memiliki kekuatan tersendiri bagi para pembaca dan beberapa diantaranya banyak yang menjadi sebuah legenda.

Dari pada penasaran, langsung saja ... Selengkapnya  

7. Rekomendasi dan Tips Platform Novel Online 


Bermodal pengalaman saya yang aktif ngeblog dan menulis dari berbagai platfom digital, akhirnya memutuskan untuk berbagi tips dan trik khusus membahas seputar belajar menulis novel online.

Bebebs juga banyak membangun komunitas penulis novel di media sosial. Tujuannya agar banyak para penulis lebih produktif.


Langsung saja, Selengkapnya  


Sahabat Bebebs dimanapun berada, teruslah berkarya, maju terus pantang mundur. Fokus hingga finish hasil akhir. 

Bagi yang suka menulis fiksi dan non fiksi lainya, bisa merapat Belajar  Menulis Cerpen

Sebagai penutup, jika ada yang masih bingung, jangan sungkan bertanya pada kolom komentar. Selamat membaca dan jangan lupa bahagia. Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih. 

Bebeb Admin
Bebeb Admin Admin Bebebs Belajar Bersama Bisa Comunity

Post a Comment for "Tertarik Menjadi Novelis? Inilah Panduan Lengkap Tips Menulis Novel yang Memikat Banyak Pembaca "