Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Langsung Menulis, Inilah 5 Tips Agar Artikel Dibaca Orang Banyak, Apa Saja?

Tips Mama Muda Menulis Produktif 




Tips Bebebs.com - Viewers is the king, demikian hal penting dalam menulis secara online seperti halnya menulis artikel, esai dan kurasi konten. Seberapa besar profit penghasilan penulis maka tidak lepas dari banyaknya jumlah viewers. 

Oleh karena itu, goals atau tujuan menulis online, yaitu berusaha secerdas mungkin bagaimana artikel tersebut dibaca dan disenangi banyak orang. Semakin banyak yang baca, semakin besar pula peluang penghasilan dari profit menulis. 

Baik itu menulis online seperti di kaskus krator, bebebs, kbm dan berbagai platform lainnya. Secara umum memiliki prinsip sama. Okey  Langsung Menulis, Inilah 5 Tips Agar Artikel Dibaca  Orang Banyak, Apa Saja?  Sebagai Berikut :

1. Hindari Menulis Judul Artikel Clickbait


Viewers is the king? Yes tapi viewers melejit saja tidak cukup, kenapa? 

Karena jika artikel terlalu clickbait apalagi sampai hoax maka tidak disenangi pembaca. Bahkan bisa menjadi bumerang bagi penulisnya sendiri. 

Jadi judul artikel dan isinya harus relevan dan selalu subjek informasi yang sedang dibahas. Sebelum menulis hingga membagikan ulang sebuah informasi. Penting melakukan verifikasi kebenarannya dulu. 

Sehingga saat sudah menjadi sebuah artikel, bisa dipertanggungjawabkan informasinya. Terpenting bermanfaat dan disenangi banyak pembaca. 

Pembaca yang suka dengan informasi yang disuguhkan, bisanya secara organik mereka akan share hingga berlangganan. 



2.  Intip Situs Favorit untuk Membuat Artikel


Jika memang ingin menekuni industri menulis, maka menulis tidak bisa lagi hanya karena "dada bergetar". Melainkan menulis dengan konsep jelas. Paling sederhana dan banyak dilakukan oleh para penulis artikel saat ini adalah melakukan kurasi konten. 

Yaitu melakukan menulis ulang dari apa saja yang sedang banyak dibicarakan atau viral. Kemudian di kurasi, ingat kurasi konten bukan copy paste ya. Catat! 

Ambil ide inti dari  ( PVT ) Page viewes Tinggi, kemudian kurasi menjadi artikel baru ala apa aslinya kamu. 

Sebelum melakukan kurasi konten, pastikan media favorit tersebut kredibel. Jika merupakan fakta ini jangan lupa sertakan sumbernya. 

Belajar juga keyword judul apa yang punya volume tinggi di pencarian, membangun SEO, kolam audiens dan blackliink berkwalitas. 

Memang semua itu tidak bisa langsung jadi begitu saja. Bahkan banyak pakar SEO melakukannya selama bertahun-tahun. 

Kendati demikian, jika semuanya sudah jadi maka lunaslah apa yang sudah dikerjakan. Jangan takut gagal dan mencoba. Perbaiki yang kurang, tingkatkan yang sudah bagus. 

3. Menulis Artikel Secara Konsisten


Saat ide berlimpah, tulis dan simpan di draft untuk cadangan saat lagi marge. Kamu bisa membuat challenge sendiri misalnya konsisten satu hari satu artikel untuk proses belajar. 

Nikmati proses ini hingga insting menulisnya tajam. Kenapa? 

Paling banyak orang ingin sukses menjadi penulis tapi selalu tidak konsisten. Menulisnya musiman, menunggu dimotivasi, menunggu ini dan itu. Saya menyebutnya itu sebenarnya pemalas, hanya banyak memakai alibi untuk menutupi kemalasan tersebut. 

Agar menulis bisa konsisten maka pertama kali yang harus dilakukan dibenerin mindsetnya dulu. Kemudian cari matahari dalam dadamu yaitu berupa impian atau sebuah tujuan. 

Tulisan impianmu tersebut di kertas, bagi impian jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

Misalnya jangka pendek kamu ingin membuat tiga ratus artikel untuk satu tahun. Kemudian jangka menengah ingin punya investasi karya ribuan konten, jangka panjang ingin jalan-jalan ke luar negeri, membahagiakan orang tersayang, bebas uang bebas waktu dan sebagainya. 

Perjelas semua impianmu agar punya motivasi tinggi dan semangat menulis. 

4. Fokus Menulis Artikel Satu Kategori Aja Dulu


Menulis banyak kategori boleh saja. Hanya jika lompat sana-sini biasanya berakhir bingung sendiri dan berhenti menulis. Alasan yang sering digunakan pasti bilang "coba-coba" dulu. 

Padahal  kategori (tematik/label/forum) itu ibarat jodoh. Penulis dengan apa yang ditulis itu ibarat pasangan suami istri. Jadi menulis kok suka ngeles coba-coba, seperti belum nikah di coba-coba dulu akhirnya menjadi sampah tidak terpakai. 

Fokus menulis artikel satu kategori hingga sampai dikenali banyak pembaca. Jadikan itu branded penulis dan pembeda abadi. 

5. Nikmati Prosesnya dan Jangan Lupa Bahagia

Kalimat itu mungkin sering diucapkan dan dianggap biasa. Padahal kemampuan  menulis proses dengan bahagia adalah kunci keberhasilan sebagai seorang penulis. 

Banyak penulis jago, cerdas, bahkan ada dari akademisi tapi kenapa banyak yang gagal? Ya jawabannya karena sering menyerah ditengah jalan. 

Apalagi saat menulis sepi pembaca? Rasanya mantap, nyesek. Belum lagi lingkungan sekitar dan masyarakat masih banyak yang memandang miring seorang penulis. 

Padahal seorang penulis sukses sudah banyak di dunia ini. Baik itu menulis offline seperti membuat buku, novel dan menulis online seperti membuat artikel, thread dan sebagainya. 


Apa Kelebihan Menulis Artikel? 

Kelebihan menulis artikel itu lebih mudah, bisa menggunakan ide sendiri baik itu opini, esai, sharing pengalaman, berbagai informasi dan kurasi konten. 

Tinggal mencari berita yang sedang viral, kemudian di kurasi jadi artikel original apa aslinya kamu. 

Selain itu menulis artikel bisa dikonsepkan. Tinggal memilih beberapa format menulis untuk dikuasai. 

Jadi walaupun mama muda di rumah, tetap bisa menulis artikel dengan mudah dan cepat. Cukup ada akses internet dan PC/HP. Apalagi jika membuat artikel untuk blogging, lebih mudah. 

Misalnya sharing dan review produk. Sharing pengalaman apa saja yang informatif dan bermanfaat, menyalurkan hobi seperti saya ini, menantang hal baru. 

"Apa saja format menulis artikel?"

Mau tau apa mau banget? Tunggu ulasan tips  berikutnya. Pantengin forum tips agar tidak ketinggalan informasi lainnya. 

Bagaimana sahabat bebeb.com punya pertanyaan lain? Yuk diskusikan di sini. Bersama bercerita bisa dan terimakasih.

Kanya Anantasya
Kanya Anantasya Menulis agar tetap waras

Post a Comment for "Langsung Menulis, Inilah 5 Tips Agar Artikel Dibaca Orang Banyak, Apa Saja? "